Selasa, 22 Juni 2010

PANORAMA WADUK CACABAN




Waduk cacaban yang terletak di Kecamatan Kedung Banteng yang jauh dari kebisingan membuat wisatawan yang berkunjung merasa tenang dan nyaman dengan keadaan sekitar. Waduk cacaban yang bukan merupakan area wisata tetap saja dikunjungi oleh wisatawan untuk menikmati keindahan waduk cacaban. Pemandangan disekitar waduk yang menambah keasrian alam membuat seakan tak ingin beranjak dari keindahan tersebut. Disekitar waduk dikelilingi oleh bukit-bukit hijau dan ditengah-tengah waduk yang terdapat beberapa pulau-pulau kecil, dan warung tengah cacaban yang menyajikan aneka masakan. Pulau-pulau kecil yang sebagian besar dimanfaatkan oleh warga sekitar untuk memancing dan menanami beberapa tanaman yang dapat dinikmati oleh warga ssekitar waduk.

Peletakan batu pertama waduk cacaban oleh IR. Sukarno pada tanggal 16-09-1952. Pembukaan waduk oleh Mister Sartono pada tanggal 19-05-1959. Luas genangan waduk 928,70 Ha. Air maksimal yang dapat ditampung oleh waduk tersebut mencapai 28 meter depan intik. Waduk merupakan tanah cekung yang dapat dimanfaatkan untuk waduk yang kemudian dibendung.
Waduk ini mampu menampungg debit kali sejumlah 18 kali, yang meliputi:

1. Cacaban wetan
2. Menyawak
3. Gamping
4. Sumpor
5. Laja
6. Hulu
7. Cigagung
8. Derma suci
9. Langkap
10. Capar
11. Penujah
12. Pralon
13. Cikadu
14. Wadas
15. Curug agung
16. Penejasinan
17. Tunejajak
18. Benda

Sebelum dijadikan waduk merupakan daerah pemukiman warga antara lain:

1. Blabat
2. Winong
3. Karang jati
4. Werayan

Waduk cacaban selain bermanfaat sebagai irigasi juga dapat dimanfaatkan untuk area wisata meski pembangunannya lebih diutaamakan pada waduk bukan sebagai tempat wisata. Namun, pengunjung yang datang ketempat tersebut hamper setiap hari didatangi oleh pengunjung yang ingin menikmati keindahan waduk cacaban. Terlebih pada hari minggu waduk cacaban akan dipenuhi oleh para pengunjung dan pedagang. Hal ini terbukti betapa indahnya panorama waduk cacaban yang masih asri dan jauh dari kebisingan sehingga menarik para wisatawan.
Bagi kalian yang belum menikmati indahnya waduk cacaban, harus datang kesana melihat indahnya panorama alam yang benar-benar asri dan untuk menikmati pemandangan tersebut disediakan perahu yang mengajak kita lebih dekat dengan waduk. Dijamin buat mata yang memandang keindahan disana tidak ingin beranjak dari sana.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar